Daerah

Gelar Muskercab, PCNU Tarakan Kaltara Siap Jaga Kekondusifan Jelang Pemilu 2024

Sen, 27 November 2023 | 15:00 WIB

Gelar Muskercab, PCNU Tarakan Kaltara Siap Jaga Kekondusifan Jelang Pemilu 2024

Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) 1 PCNU Kota Tarakan Kalimantan Utara di Royal Crown Hotel Kota Tarakan Kalimantan Utara, Ahad (26/11/2023). (Foto: PCNU Kota Tarakan)

Tarakan, NU Online

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Tarakan masa khidmat 2023-2028 hasil Konferensi Cabang (Konfercab) pada 4 Maret 2023 menggelar Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) 1 di Royal Crown Hotel Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Ahad (26/11/2023). Muskercab ini 


“Muskercab ini mengusung tema Optimalisasi Jam’iyyah dan Jamaah Demi Kemajuan Nahdlatul Ulama di Tarakan,” kata Sekretaris PCNU Kota Tarakan, M Nasir Irvan kepada NU Online Senin (27/11/2023).


Ketua PCNU Kota Tarakan KH Abdul Samad menyampaikan bahwa pelantikan ini dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut atas turunnya SK kepengurusan PCNU Kota Tarakan masa khidmah 2023-2028. Sementara Muskercab membahas skala prioritas program hasil Konfercab sebelumnya.


KH Abdul Samad menegaskan bahwa PCNU Kota Tarakan akan terus berkomitmen untuk selalu bersinergi dengan segala pihak terkait khususnya pemerintah kota dan TNI, Polri, serta ormas sosial keagamaan lainnya. Hal ini dalam rangka menjaga kekondusifan dan keamanan, khususnya menjelang pesta demokrasi yang akan berlangsung tahun 2024.


“PCNU Kota Tarakan akan terus siap mengawal keamanan dan menjaga kekondusifan Kota Tarakan dari hal-hal yang sekiranya dapat mencederai persatuan dan persaudaraan kita di Kota Tarakan,” tegasnya.


Sementara itu, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Tarakan, Alias, yang juga membuka langsung gelaran Muskercab, mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh PCNU Kota Tarakan.


“PCNU Kota Tarakan selalu menjadi mitra terbaik pemerintah dalam membina kerukunan dan persatuan antarmasyarakat di Kota Tarakan. Bahkan keharmonisan antara ulama dan pemerintah itulah yang akan menjadi kunci turunnya berkah dan rahmat Allah kepada Tarakan,” ungkapnya.


Lebih lanjut, Alias menyampaikan bahwa pemerintah Kota Tarakan akan terus mendukung segala bentuk program-program yang dimusyawarakan pada Muskercab tersebut.


Selain Muskercab, pada kesempatan tersebut juga diadakan pelantikan pengurus lembaga-lembaga di lingkungan PCNU Kota Tarakan. Ada lima lembaga yang dilantik yakni Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU), Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU), Lembaga Perekonomian Nadhlatul Ulama (LPNU), Lembaga Pendidikan Ma’aarif (LP Ma’arif NU), dan Lembaga Seni Budaya Muslimin Nadhlatul Ulama (Lesbumi NU).